Image of IKLAN DAN BERITA POLITIK CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PEMILUKADA KOTA JAYAPURA TAHUN 2010 DI TOP TV TERHADAP TINGKAT POPULARITAS PADA MAHASISWA STIKOM MUHAMMADIYAH JAYAPURA

Ebook

IKLAN DAN BERITA POLITIK CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PEMILUKADA KOTA JAYAPURA TAHUN 2010 DI TOP TV TERHADAP TINGKAT POPULARITAS PADA MAHASISWA STIKOM MUHAMMADIYAH JAYAPURA



IKLAN DAN BERITA POLITIK CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PEMILUKADA KOTA JAYAPURA TAHUN 2010 DI TOP TV TERHADAP TINGKAT POPULARITAS PADA MAHASISWA STIKOM MUHAMMADIYAH JAYAPURA

Muhammad Nur Jaya

ABSTRAK

Media televisi adalah media yang menyediakan informasi pengetahuan,pendidikan dan hiburan kepada khalayak luas yang memiliki daya tarik yang cukup besar dibanding media lain ,sebab media ini mampu menampilkan dua bentuk tampilan sekaligus yaitu bentuk suara dan visual .Selain itu hampir seluruh masyarakat dapat mengakses informasi dan hiburan melalui televisi dengan mudah ,cepat, dan tersaji setiap saat dengan cost yang murah.Olehnya itu media ini banyak dimanfaatkan oleh para politisi untuk mengejar popularitas,elektabilitas dalam rangka mencapai kedudukan baik di eksekutif maupun di legislatif,yiatu dengan mempublikasikan aktivitas politiknya baik dalam bentuk berita maupun iklan .

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh terpaan iklan dan berita politik calon walikota dan wakil walikota Pemilukada Kota Jayapura tahun 2010 terhadap tingkat popularitas pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Muhammadiyah Jayapura. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi ilmu Komunikasi Muhammadiyah Jayapura dengan obyek peneltian adalah seluruh mahasiswa . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survey khalayak dengan menyebarkan kuesioner.

Data dianalisis dengan stistik deskriptif dan infrensial. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara terpaan iklan dan berita politik calon walikota dan wakil walikota pemilukada Kota Jayapura tahun 2010 di Top Tv dengan tingkat popularitas calon walikota dan wakil walikota untuk No urut 2,3,4,dan 5 ,dengan kekuatan hubungan berada pada kategori sangat rendah dan rendah yaitu : 0,187, 0,16, 0,216, dan 0,16 , sedangkan untuk calon no urut 1 dan 6 tidak ada hubungan yang signifikan. Ada pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan dan berita politik calon walikota dan wakil walikota pemilukada Kota Jayapura tahun 2010 terhadap tingkat popularitas calon walikota dan wakil walikota untuk No. Urut 2,3,4,dan 5 ,

dengan kekuatan pengaruh kecil tidak lebih dari 5 % (lima persen ) , sedangakan untuk calon no urut 1,dan 6 tidak ada pengaruh yang signifikan. Pengaruh yang besarnya tidak lebih dari 5 % (lima persen) artinya ada pengaruh lain yang besarnya 95 % (sembilan puluh lima persen ) yang tidak diteliti. Besar dan rendahnya hubungan ,serta pengaruh kedua variabel ditentukan oleh faktor komunikator ,pesan,media,dan khalayak berdasarkan konsep jarum suntik ,uses and gratifikation, dan konsep periklanan.

Kata Kunci : Terpaan Iklan dan berita politik, tingkat popularitas


Ketersediaan

052011NURJurnalMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Mediasi Jurnal Komunikasi
No. Panggil
Jurnal
Penerbit STIKOM Muhammadiyah Jayapura : Jayapura.,
Deskripsi Fisik
Ebook
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2085-6466
Klasifikasi
Jurnal
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
Oktober 2011
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Jurnal dalam bentuk Ebook (PDF)
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ANTI HIV-AIDS PADA MEDIA LUAR RUANG TERHADAP TINGKAT KESADARAN SISWA DI DISTRIK ABEPURA KOTA JAYAPURAVolume 1 No. 1 2009en

Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this